Dilema Sebuah Page Rank

Sebuah Blog atau Web Posisi page rank sangat vital keberadaanya, bagaimana tidak page rank yang tinggi di yakini mampu mendatangkan visitor yang membludak sehingga para pemilik Blog atau Web akan berusaha semaksimal mungkin untuk segera mendapatkan page rank dari mbah google.

Sebuah Blog atau Web yang mempunyai page rank yang tinggi bisa dipastikan akan mendapatkan ratusan pengunjung dalam setiap harinya. Pertanyaan tentu muncul dengan sendirinya, langkah apakah yang bisa di tempuh untuk mendongkrak page rank sebuah blog atau web?.

entah itu blog atau web yang berorientasi bisnis atau non bisnis bisa di pastikan akan tergila-gila dengan page rank yang tinggi.
Lalu bagaimana dengan keberadaan alexa rank yang juga menjadi salah satu indicator tingkat popularitas sebuah blog atau web?. Saya sering kali menemukan sebuah blog atau web yang page rank-nya nol besar dan peringkat alexa-nya puluhan juta tetapi toh blog atau web tersebut mampu bersaing dengan blog atau web yang mempunyai page rank tinggi plus alexa yang ramping masuk dalam posisi 10 besar dari hasil pencarian dengan keyword tertentu di mesin pencari google atau yang lainnya.

Saya berasumsi bahwa page rank yang tinggi dan peringkat alexa yang ramping bukan satu-satunya jaminan sebuah blog atau web bisa selalu merajai 10 besar dari hasil pencarian search engine, bahkan lagi-lagi menurut saya bahwa antara page rank dan alexa sama sekali tidak mempunyai korelasi, sebab saya juga sering mendapatkan sebuah blog atau web yang mempunyai page rank lumayan tetapi peringkat alexanya masih di atas 10 juta, hal ini menguatkan dugaan saya bahwa korelasi antra page rank, alexa dan popularitas sebuah blog atau web memang tidak berhubungan.

Lagi-lagi menurut saya, masuk atau tidaknya sebuah blog atau web di 10 besar dari hasil pencarian search engine sangat di tentukan oleh keyword dan judul dari artikel atau tulisan itu sendiri, sebab bagaimana mungkin orang akan nyasar ke sebuah blog atau web tanpa ada kata yang mereka ketik melalui browser yang berhubungan dengan apa yang ada dari isi blog atau web tesebut.

Saat ini baik itu sebuah blog atau web yang baru bisa dipastikan akan memburu yang namanya backlink dari blog lain, bahkan yang paling extreme adalah membeli backlink untuk mendapatkan page rank yang tinggi, sehingga tidak jarang kita akan menemukan blog yang menawarkan pertukaran link antara sesama blog atau web, baik itu blog atau web yang page rank-nya tinggi atau ber-page rank nol, tujuannya tentu untuk secepatnya mendapatkan page rank dari mbah google.

Dilema kemudian muncul ketika sebuah blog yang memiliki page rank nol ingin bertukar link dengan blog yang mempunyai page rank 1 bahkan 10, kadang-kadang blog yang sudah mempunyai page rank enggan bertukar link dengan blog yang ber-page rank nol, sementara blog yang ber-page rank nol butuh backlink untuk memperbaiki posisi pada search engine, bahkan tidak jarang blog yang sudah mempunyai page rank menerapkan aturan yang berbelit-belit untuk mendapatkan backlink mereka yang sebenarnya susah untuk dipenuhi, sementara pertukaran backlink mempunyai slogan memperat tali persahabatan, tetapi jika demikian, bagaimana mungkin tali persahabatan itu ada jika untuk mendapatkan backlink-nya teramat sulit,
Saya menyarankan kepada para blogger, terutama bagi blogger yang blog-nya sudah mempunyai page rank, terbukalah apa adanya kepada blogger lain yang membutuhkan, sebab meskipun saat ini blog mereka belum juga ber page rank tetapi cepat atau lambat blog tersebut pasti juga akan mendapatkan hadiah page rank dari mbah google jika waktunya sudah tiba, dan bukan tidak mungkin blog yang saat ini page rank-nya nol akan lebih populer dan mendapatkan pengunjung yang lebih melimpah.

Kepada blogger yang page rank-nya nol seperti blog ini, saya harapkan untuk bersabar menunggu page rang-nya bergerak, cepat atau lambat pasti akan mendapatkan page rank dari mbah google.

Satu hal yang tidak kalah pentinnya adalah, banyak-banyaklah berkomentar kesetiap blog yang di kunjungi, terutama blog yang berstatus dofollow, tetapi tidak asal berkomentar dalam arti komentar yang berkualitas.

(Kepada para master seo, tolong dikoreksi jika ada yang keliru dengan artikel ini)
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Tips Facebook | Tips Blog | Tips Komputer is proudly powered by blogger.com