Tips Mengatasi Blog yang Sepi Pengunjung

Hampir setiap pemilik blog menginginkan blognya selalu ramai di kunjungi dalam setiap hari, tetapi kenyataan yang terjadi malah sebaliknya, tentu penyebabnya banyak sehingga blog itu menjadi sepi pengunjung, mulai dari penerapan SEO yang tidak maksimal, template blog yang tidak bersahabat, konten yang tidak menarik dalam arti sudah pernah di terbitkan oleh blog lain.

Sebagian mungkin masih mengutamakan search engine sebagai satu-satunya
sumber yang bisa membuat seseorang terdampar pada blog kita, ya syukur-syukur kalau blog kita memiliki banyak keyword yang probabilitas dan korelasinya bisa membuat blog masuk dalam 10 besar dari hasil pencarian, tetapi jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka blog yang sepi pengunjung akan tetap sepi selamanya.

Jika kita merasa bahwa penerapan SEO sudah maksimal, maka hal yang juga perlu untuk di evaluasi adalah fasilitas yang dimiliki oleh blog itu sendiri, sebab bukan tidak mungkin jika fasilitas yang dimiliki oleh blog menyulitkan visitor untuk mengeksplorasi isi dari blog, maka visitor tidak akan pernah lagi kembali berkunjung.

Berikut ini adalah tips yang mungkin bisa anda terapkan:

1. Penyebab lain yang juga bisa membuat blog menjadi sepi pengunjung adalah pemilihan template blog yang tidak tepat dalam arti bahwa salah satu hal yang membuat calon visitor urung berkunjung adalah blog terlalu lama dalam proses loading sehingga visitor yang tadinya tertarik dengan konten yang kita miliki menjadi urung melanjutkan kunjungannya, ini bisa disebabakan banyaknya image yang menunggu proses loading dari masing-masing hosting, iklan yang tidak menghasilkan uang, belum lagi widget yang tidak kalah merepotkan proses loading sebuah blog menjadi bomerang minimya pengunjung.

2. template blog yang mempunyai tiga kolom juga mempunyai masalah tersendiri dalam proses loading, umumnya blog yang mempunyai tiga kolom ketika kita buka maka yang pertama kali di crawl oleh mesin pencari adalah header, kolom sebelah kiri, isi posting dan kolom sebelah kanan. Untuk mengatasi template blog yang mempunyai tiga kolom, kiri dan kanan, maka untuk mengurangi waktu loading pada blog, usahakan untuk tidak menyimpan konten yang berat pada kolom sebelah kiri, melainkan hanya berisi teks biasa, sebab hampir bisa dipastikan bahwa visitor umumnya ingin melihat isi posting bukan isi dari widget yang berada di sebelah kiri.

3. Jika kita masih tetap mengutamakan search engine seperti google atau yahoo search mengirim visitor ke blog kita, maka yang perlu di perhatikan adalah konten dari blog itu sendiri, sebab meskipun blog kita masuk sepuluh besar dari hasil pencarian dengan keyword tertentu tetapi visitor merasa bahwa deskripsi yang di tampilkan oleh search engine sudah pernah di baca, maka kecil kemungkinan blog kita menjadi pilihan utama visitor, oleh sebab itu buatlah isi konten yang benar-benar original meskipun itu hasil dari copy paste, tetapi dengan sedikit modifikasi maka isi konten akan terkesan asli dan beda, tetapi ini juga bukan sebuah pembenaran untuk seenaknya mengkopy paste isi blog orang lain, saya tetap menganjurkan bahwa posting yang anda terbitkan adalah hasil karya anda sendiri itu akan lebih baik dan usahakan untuk memberi judul yang paling unik untuk meminimalkan penggunaan keyword yang sama.

4. Berikutnya adalah, untuk mendapatkan visitor yang banyak, hal yang tidak bisa kita abaikan adalah jangan hanya mengutamakan serach engine satu-satunya yang bisa menemukan blog anda. Dengan banyak berpromosi ke situs jejaring sosial seperti facebook juga akan mendatangkan visitor yang melimpah, mendaftarkan blog ke portal atau ke technorati akan lebih baik yang tentunya masih banyak lagi media lain yang bisa kita manfaatkan secara gratis di internet.

5. Terakhir yang juga tidak kalah pentingnya adalah rajin-rajin mengunjungi blog lain untuk melihat informasi apa yang paling hangat yang bisa menginspirasi anda untuk menulis artikel dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak kesetiap blog yang anda kunjungi, artinya bahwa usahakan untuk selalu berkomentar di blog yang anda kunjungi karena secara tidak langsung ini adalah salah satu bentuk promosi terhadap keberadaan blog kita, manfaatkan juga blog yang menawarkan pertukaran link secara gratis sebab semakin banyak blog yang memasang link blog anda maka akan semakin memperbaiki posisi blog anda di hasil pencarian dan ini tentunya berhubungan dengan SEO tetapi jangan membeli becklink jika tidak terpaksa, sekali lagi manfaatkanlah yang gratis sebaik mungkin karena hanya di internet kita bisa mendapatkan yang gratisan paling banyak, beda dengan pemerintah yang Cuma janji-janji doang tapi gak ada bukti.

Semoga tips di atas bisa membantu anda mendapatkan visitor yang melimpah
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Tips Facebook | Tips Blog | Tips Komputer is proudly powered by blogger.com