Cara Membuat Forum Menggunakan phpBB Dan SMF

Setelah beberapa hari ini sempat menghilang, sekarang Saya kembali lagi ke hantu facebook yang sempat Saya tinggalkan sehingga tidak sempat untuk BW.

Seperti biasa, Saya akan berbagi Cara Membuat Forum Menggunakan phpBB Dan SMF, sebenarnya Saya juga tidak begitu banyak mengetahui tentang phpBB dan SMF, tetapi karena di minta oleh Team BB Community, salah satu Partnership Hantu Facebook untuk membuat sebuah forum, akhirnya Saya lakukan.

proses pembuatannya sendiri tidaklah sulit yang penting ada kemauan untuk belajar dan mencoba, meskipun pada akhirnya Team BB Community tidak menggunakan phpBB dan SMF sebagai software forumnya tetapi menggunakan software vBulletin seperti Kaskus.

Untuk melihat seperti apa Forum Bontobahari Community yang Saya Instal menggunakan vBulletin silahkan klik Disini

Untuk membuat forum menggunakan software phpBB atau SMF, Saya sarankan Anda sebaiknya membaca dulu posting Saya sebelumnya, Cara Membuat Blog Wordpress Dengan Hosting Gratis, sebab cara pembuatannya relatif sama.

Sekarang Saya asumsikan Anda sudah membaca posting Saya sebelumnya, silahkan ikuti langkah2 berikut ini untuk Membuat Forum Menggunakan phpBB Dan SMF.

Kalau di artikel sebelumnya kita memilih Wordpress, maka untuk cara membuat forum ketika berada d area Fantastico De Luxe, pilih salah satu jenis software yang ingin Anda instal, phpBB atau SMF, pada dasarnya kedua jenis software tersebut relatif sama, tetapi jika Anda bertanya mana yang lebih baik, maka jawabannya adalah phpBB, sebab kedua jenis forum tersebut pernah saya coba.

Sekarang kita ke proses instalasi forum, dalam contoh ini saya menggunakan phpBB, klik phpBB, setelah itu klik New Installation
Setelah berada pada halaman berikutnya, pilih domain yang ingin Anda gunakan.
 Ada beberapa kolom yang harus Anda isi.
  1. Pada kolom Install in directory jangan diisi biarkan saja kosong
  2. Pada klom Admin access data terdapat dua kolom, kolom yang pertama isi dengan username dan klom yang kedua isi dengan password yang Anda inginkan.
  3. Base configuration, silahkan isi sesuai yang Anda inginkan
  4. Terakhir sebelum menginstal phpBB, jangan mencentang kotak kecil bertuliskan Do not delete the /install/ directory.
  5. Setelah semua kolom data akses Anda isi, silahkan klik Instal phpBB
  6. Biarkan proses Instalasi berjalan selama beberapa detik, yang perlu Anda ingat adalah setelah proses Instalasi selesai dan Anda sudah mendapatkan link ke forum dan akses Admin, jangan sampai ada kata2 error yang menunjukkan bahwa terjadi kesalahan pada database mysql, sebab jika terjadi seperti itu maka Anda tidak bisa mengakses forum Anda meskipun Anda sudah mendapatkan URL menuju Admin akses.
  7. Karena forum phpBB yang ada pada Fantastico De Luxe menggunakan versi 3.0.5, maka Anda bisa meng-upgrade ke versi yang lebih baru, versi 3.0.8, yang paling penting pada saat upgrade secara manual jangan sampai file config.php tertimpa dengan data yang baru, sebab anda akan kehilangan akses ke forum dan panel Admin.
  8. Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.
Jika Anda tidak mengerti penjelasan diatas, sebaiknya baca dulu posting sebelumnya Disini
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Tips Facebook | Tips Blog | Tips Komputer is proudly powered by blogger.com