Lebih Cerdaskah Kita dengan Komputer?

Lebih Cerdaskah Kita Kini?
Dulu, ketika kecerdasan buatan (artificial intelligence) tengah menjadi topik diskusi yang hangat, banyak yang mempertanyakan, kalau computer sudah demikian pintarnya, apakah kita manusia tidak akan sampai diperbudak oleh computer?”

waktu itu jawaban yang sering diberikan bahwa computer tidak akan pernah mengalahkan kecerdasan manusia. Dengan kecerdasan yang dimilikinya-itu pun kalau dapat dianggap sebagai kecerdasan-komputer akan membantu kita dalam pekerjaan rutin yang tidak banyak mendatangkan nilai tambah. Dengan demikian singkatnya waktu yang harus kita habiskan untuk pekerjaan seperti itu, kita akan mempunyai lebih banyak waktu untuk memikirkan hal-hal di tataran yang lebih tinggi, lebih abstrak, dan mendatangkan lebih banyak nilai tambah. Di samping itu, karena sekarang kita memiliki waktu lebih banyak di luar kerja, kita akan lebih santai dan kita dapat berolah raga dan akan hidup lebih sehat.

Hidup santai dan lebih sehat jelas hanya impian. Laporan khusus Busnessweek Edisi Asia, 3 Oktober 2005 menggarisbawahi kenyataan bahwa sejalan dengan makin banyaknya TI digunakan di tempat kerja, para pekerja informasi malah harus bekerja lebih panjang setiap minggu. Penyebabnya: globalisasi usaha, komunikasi, dan kebutuhan berkolaborasi. lalu bagaimana dengan dampak penggunaan computer dan internet itu sendiri pada tingkat kecerdasan manusia? Dengan Google, misalnya, kita bisa mendapatkan hampir setiap informasi yang kita butuhkan. Tetapi, apakah ini berarti kita semakin cerdas?

Ketergantungan Pada Teknologi
Disadari ataupun tidak, banyak di antara kita sudah sangat tergantung pada computer dan internet. Seorang peneliti senior pernah mengaku, “sekarang ini menulis makalah untuk diseminarkan sudah sangat mudah. kita tinggal mengumpulkan bahan-bahannya dengan bantuan Google, lalu tulisan kita akan selesai dalam waktu jauh lebih singkat.”
Google dan search engine lainnya hanya mempermudah akses informasi. Sering kali, karena akses yang begitu mudah, kita jadi malas untuk mengingat-ingat data. Akibatnya, tanpa computer itu, kita jadi malas berkarya. Bagaimana dengan Anda sendiri? pernahkah Anda merasakan bahwa TI sudah menjadi persyaratan mutlak agar Anda dapat bekerja dengan baik? kalau Anda sering merasakannya, itu mungkin bahwa anda juga telah sangat tergantung pada TI, sementara TI belum tentu membuat Anda lebih cerdas.
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Tips Facebook | Tips Blog | Tips Komputer is proudly powered by blogger.com